PEMERINTAH KOTA SINGKAWANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 7 SINGKAWANG
Jl.Tani No. 01
Sedau Kec. Singkawang Selatan Telp. (0562)633365 79251 SINGKAWANG
|
JANJI
PERBAIKAN PELAYANAN
Nomor : 422/203 /
SMP.07 / 2013
Pada Hari ini Selasa, Tanggal Satu Bulan Oktober Tahun Dua Ribu Tigabelas bertempat di Vila
Kampung Batu Kota Singkawang,
saya PAJARUDIN, S.Pd. Jabatan Kepala
SMP Negeri 7 Singkawang menyatakan
bahwa:
Dalam
rangka menindak lanjuti hasil Survey Pengaduan Masyarakat yang dilaksanakan pada tangga 22 Februari Tahun 2013 sampai dengan 28 Februari 2013, dimana
dari sejumlah 240 responden Siswa dan orang tua siswa di SMP Negeri 7
Singkawang telah berpartisipasi mengisi dan mengembalikan kuisioner sejumlah
182 (75,83%) responden (terlampir tabel rekapitulasi
pengaduan masyarakat). Dari hasil survey pengaduan masyarakat tersebut kami
telah melakukan rekapitulasi dan analisa.
Selanjutnya
sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang ada, kami berjanji untuk memperbaiki
pelayanan terkait dengan masing-masing pengaduan melalui upaya dan
langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Untuk pengaduan “Ruang kelas panas ” sebanyak 131 responden, kami berjanji mulai Minggu Pertama Bulan
Juli.Tahun 2013
akan :
a.
Mengadakan penambahan pohon sebanyak 50
batang untuk penghijauan di lingkungan sekolah
b.
Mengadakan kipas angin melalui penganggaran
pada dana Bos dan kerjasama dengan komite sekolah.
2.
Untuk pengaduan “.Masih
ada guru yang menjual LKS” sebanyak 128
responden, kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 (Tahun pelajaran 2013/2014) akan :
a.
melatih guru untuk membuat bahan ajar yang
kreatif, konstektual dan tidak mahal
b.
Tidak Menjual LKS
3.
Untuk pengaduan “Meja
dan Kursi banyak yang rusak” sebanyak 117
responden kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 (Tahun pelajaran 2013/2014) akan melakukan :
a. Pengawasan
yang lebih ketat dari pihak sekolah terhadap pemanfaatan fasilitas sekolah
b. Perbaikan
meubeler pada tahun 2014 terutama kursi dan meja siswa
4. Untuk
pengaduan “Jumlah komputer tidak mencukupi untuk siswa” sebanyak 116 responden kami berjanji mulai Minggu Pertama Bulan
Juli Tahun 2013 akan : bekerjasama dengan komite sekolah
dalam pengadaan komputer.
5.
Untuk pengaduan “Guru
datang ke kelas tidak tepat waktu” sebanyak 94
responden kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 akan :
a.
Membuat komitmen tentang batas paling lambat
masuk ke kelas
b.
Mengefektifkan kepengawasan di sekolah
6. Untuk
pengaduan “.Persediaan air bersih terbatas”
sebanyak 93
responden kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 akan : Menyiapkan bak penampungan
air hujan (penambahan)
7.
Untuk pengaduan “Kegiatan
Belajar Mengajar di sekolah terganggu
oleh bising, banjir, becek dll)”
sebanyak 91
responden Kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 akan melakukan :
a. Penimbunan
secara bertahap
b. Papingisasi halaman sekolah (Juli 2013)
c. Perawatan
dan pembersihan sekolah (rutin)
8. Untuk
pengaduan “Guru menerima dan
mengirim SMS ketika pembelajaran berlangsung”
sebanyak 89
responden kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli.Tahun 2013
akan : Membuat dan Memberlakukan aturan penggunaan HP di sekolah
untuk guru dan siswa (Juli 2013)
9. Untuk
pengaduan “Tidak ada ketentuan baku besarnya biaya sekolah peranak
per tahun” sebanyak 84 responden kami berjanji mulai Minggu Pertama Bulan
Juli Tahun 2013 akan : bekerjasama dengan komite sekolah menganggarkan rencana anggaran
sekolah per tahun dan disosialisasikan ke warga sekolah
10. Untuk
pengaduan “Guru tidak menggunakan media teknologi informasi saat
mengajar” sebanyak 76
responden kami berjanji mulai Minggu
Pertama Bulan Juli Tahun 2013 akan:
a. Mengikut
sertakan guru untuk kursus/ bimbingan media informasi
b. Mengharuskan
guru menggunakan media komputer dalam pembelajaran
Bahwa dalam proses pembahasan penyebab dan
alternatif penyelesaian atas pengaduan, ada hal-hal yang berada diluar
kewenangan dan kemampuan sekolah yang turut menjadi penyebab masalah. Untuk itu
kami telah mengajukan rekomendasi kepada Bapak Walikota agar memperoleh perhatian dan tindak
lanjut secara proporsional. Kami berjanji untuk mengumumkan kepada masyarakat
terutama masyarakat pengguna layanan sekolah tentang hal-hal dan tindak lanjut
terhadap rekomendasi tersebut.
Secara terbuka kami selalu mengharapkan partisipasi
masyarakat terutama masyarakat pengguna layanan sekolah untuk terus mengawasi
kinerja pelayanan kami dan segera memasukkan pengaduan (keluhan) ke kotak
pengaduan yang tersedia, terutama jika janji perbaikan pelayanan yang kami
janjikan belum kami penuhi.
Kami
sampaikan terima kasih atas partisipasi bapak/ibu/saudara sekalian yang telah
memberikan masukan melalui survey pengaduan masyarakat yang telah dilaksanakan
dan mengharapkan pengawasan terus menerus demi perbaikan pelayanan ke masa yang
akan datang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar